Selasa, Januari 05, 2010

TPA – Taman Pendidikan Al-Qur’an


Untuk menanamkan nilai-nilai keislaman, menetralisir pengaruh budaya asing serta mengajarkan anak-anak baca, tulis, hafalan doa dan Al-Qur’an abang masukkan kedua anak abang di TPA yang berada di kompleks abang, New MIC Villa. TPA ini dimulai sejak Agustus 2009 lalu dan khusus untuk anak-anak Indonesia berusia 4-15 tahun saja. Jumlah muridnya sekitar 20 orang. Sedangkan sarana pendidikannya menggunakan ruang yang tidak terpakai di rumah guru TPA tersebut. Lumayan lah untuk pendidikan alternatif bagi anak-anak.


Alhamdulillah, walaupun tinggal diluar negri dengan berbagai macam budayanya dan dengan sekolah berkurikulum negara asing, anak-anak masih bisa dan mau menutut ilmu agama. Apalagi dengan teman-teman sebaya dan sebangsa yang membuat mereka lebih mudah untuk menjalaninya.


Hasilnya ?

Sebenarnya abang lebih suka melihat prosesnya dari pada hasilnya karena “Barang siapa yang meniti jalan untuk menuntut ilmu (agama) akan di mudahkan baginya jalan menuju ke surga" (HR. Muslim). Namun demikian, hasilnya juga cukup lumayan. Ini yang membuat abang semakin senang. Alhamdulillah bacaan Al-Qur’an anak abang yang pertama dan bacaan Iqro’ anak abang yang kedua bisa lebih lancar. Begitu juga dengan hafalannya. Bersama teman-temannya, anak-anak jauh lebih semangat untuk belajar ilmu agamanya, ilmu yang sebagian orang lupa akan keutamaannya.


Semoga anak-anak abang dan anak-anak TPA lainnya bisa menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah dan menjadi “qurrata a’yun” bagi kedua ibu-bapaknya, amin.

2 komentar:

radhiza mengatakan...

...Alhamdulillah jd makin mantap nech bang...ana mau kesitu...cuma klo di mess nya qafco ada TPA nya ga Ya????
dr: yaya_suherman@yahoo.com

Abang-Qatar mengatakan...

Ada pengajian anak di LG camp, accommodasinya Qafco.