Selasa, November 17, 2009

Mobil : baru atau seken?

Memiliki mobil baru atau seken adalah sebuah pilihan yang mesti ditentukan para expat di Qatar. Keduanya memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh yang lainnya. Abang coba menurunkan tulisan tentang keduanya.

Mobil baru –namanya juga baru- pastinya sangat enak dipakai dan dipandang, digaransi hingga 3 tahun atau 20.000 KM. Pemiliknya juga akan tahu sejarah perawatannya sejak 0 KM. Dalam waktu 5 tahun pertama mungkin tidak menuntut perawatan yang berarti. Namun sudah pasti harganya juga lebih mahal. Sebenarnya bagi para expat bukan suatu masalah dengan harga yang mahal tersebut, karena kita tinggal membawa surat pengantar dari kantor, 2-3 hari mobilnya sudah bisa dibawa pulang, tinggal mengatur skema pembayarannya.

Mobil Seken ? kalau yang ini untung-untungan. Kondisi mobil bisa bagus bisa sedikit rusak atau bahkan sangat rusak. Harga sudah pasti lebih rendah, Dalam umur satu tahun harga mobil bisa turun sampai 20 persen dari harga asalnya. Bagi orang yang awam tentang mobil baiknya mengajak teman yang sudah mengerti tentang dunia permobilan, atau kalau mau sendiri bisa langsung cek computer. Dengan hanya membayar QR 200 semua data tentang kondisi mobil bisa keluar dari sana.

Abang sendiri lebih senang dengan membeli mobil seken, karena selain harga yang jauh lebih miring, abang juga ga perlu ngutang ke bank. Kondisi mobilnya bisa di cek komputer tadi.

Tipsnya :

1. Pilih jenis mobil yang paling banyak berkeliaran.
Banyaknya mobil yang berkeliaran menujukkan sparepartnya juga gampang dicari dan mudah untuk dijual lagi. Koq di jual lagi menjadi kriteria juga? Karena sangat sering para expat bergonta-ganti kendaraan entah karena tidak cocok atau sekedar mau coba-coba. Selain itu karena kita disini tidak menetap selamanya, mau tidak mau, suka tidak suka tuh mobil entar dijual juga kalau kita pulang kampung. Di Qatar, jika melihat dari pabrikannya maka jumlah mobil yang paling banyak berkeliaran adalah Toyota, diikuti oleh Nissan, Honda dan Mitsubitshi.

2. Berumur tidak lebih dari 3 tahun atau mileage kurang dari 50 atau 60 ribu KM.
Tujuannya biar tidak terlalu banyak perawatan yang diperlukan. Asal tahu aja biaya perawatan mobil di Qatar termasuk mahal karena teknisinya pada ga mau memperbaiki bagian yang rusak tapi langsung main ganti aja.

3. Berwarna PUTIH atau serupa dengan itu.
Lho…kenapa harus putih? Karena debu dan kotoran di arab bukan berwarna hitam, tapi putih sehingga kalau punya mobil berwarna putih jadi tidak mesti dicuci tiap hari.

Selamat berburu mobil !

Tidak ada komentar: