Jumat, Juli 24, 2009

Multikultural : Apa dan mengapa ?

Multikultural adalah istilah Abang untuk menjelaskan keadaan penduduk Qatar. Qatar adalah negara impian para expat. Mereka berasal lebih dari 100 negara di dunia. Itu semua karena banyak kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan. Selain gaji yang bersaing, yang paling signifikan adalah diberikannya Tunjangan Keluarga untuk bisa tinggal di Qatar. Karena banyaknya expat yang datang sampai-sampai jumlah pendatang jauh lebih banyak dari warga pribuminya yang biasa kita sebut Qatari.


Karena kondisi yang Multikultural itulah makanya kita harus pandai2 membawa diri di negeri orang. Suatu perkara terkadang bukan menjadi larangan di negara kita, tetapi bisa menjadi hal yang sangat sensitif di negeri ini. Begitu juga sebaliknya, sesuatu yang di anggap adab dan sopan santun di negara kita, tidak menjadi apa-apa di negeri ini. Makanya abang coba menurunkan tulisan tentang Multikulural ini agar pembaca yang akan berangkat ke Qatar lebih mengetahui kondisi medan perang sebelumnya, Ujung2nya agar pembaca mudah beradabtasinya dan betah kerjanya.


FYI, banyak orang kita yang pulang (berhenti kerja) dalam waktu singkat hanya karena masalah Multikultural ini. Namun kebanyakan dari mereka yang pulang, balik lagi ke Qatar karena tawaran hidup yang lebih bagus saat ini memang ada di Qatar. Qatar, oh Qatar….


Abang hanya akan menuliskan tentang budaya dan dan tingkah laku warga negara dominan yang ada di Qatar. Dimulai dari Arab secara umum, Qatar, India, Pakistan, Mesir, Filipina dan Indonesia tanah air abang. Selebihnya untuk negara2 lain akan dipertimbangkan kemudian.Mudahan abang diberi kemudahan untuk berbagi pengalaman, khususnya tentang multikultural secara subjektif.

2 komentar:

Faishal mengatakan...

Assalamu'alaikum abang, jazakallahu atas tulisan abang tentang qatar & seluk beluknya. Ana tunggu tulisan antum tentang multikultural selanjutnya.

Wassalam,

Faishal
Natuna

Abang-Qatar mengatakan...

waa'laikum salam, mudahan abang diberi kemudahan menulisnya.