Sabtu, September 13, 2008

Interview dengan HR

Hari kedua di Qatar, abang menjalani proses interview dengan HR di Doha kemudian dengan calon bos di Plant. Pagi jam 9.30 an abang dijemput ke kantor untuk interview dengan HR. Sesampainya di kantor, abang di antar ke orang HR yang selama ini melakukan korespondensi via email dengan abang. Dia tanya “Do you bring all of your documents?”. “ Yes…”, kata abang. Trus dia bilang “Let me see…”. Abang kasih aja dua amplop berisi dokumen yang sudah abang siapkan dengan rapi, satu amplop berisi document asli, yang lain adalah copy nya. Kirain mau di liat satu-satu, eh ternyata cuman dibuka lembar pertama trus dimasukin ke amplop lagi. Dokumen asli dibalikin, copy nya di ambil untuk dokumen mereka.

Setelah itu abang diantar ke bosnya untuk interview. Dari nama dan tampangnya, kayanya dia orang Prancis. Setelah basa-basi semenit, dia tanya tiga pertanyaan singkat yang butuh jawaban yang singkat juga. “What are your educational backgrounds?”, dan “What are the name of companies that you experienced?”. Yang menarik adalah pertanyaan ketiga, :”How much salary do you want?”. Oh ya, sebelum berangkat abang sudah diberi range gaji via email sesuai standar mereka (misal dari angka 2-4, maka abang tulis 3 sebagai permintaan gaji abang) dan harus menyetujuinya. Karenanya abang jawab aja :”three”. Sambil senyum dia bilang :”Ok, I approve you, your salary is four”. Kaget juga dengernya, baru kali ini abang interview di naikin gajinya dari yang abang minta. Alhamdulillah….

Interview dengan HR berakhir ga lebih dari tiga menit. Duh jauh-jauh dari Jakarta cuman ditanya tiga pertanyaan selama tiga menit !!!

Manfaat cerita ini:

  1. Siapkan semua file yang diminta HR (lebih bagus dengan dua amplop, satu untuk dokumen asli, yang lainnya untuk copy mereka).
  2. Buat file serapi mungkin, untuk yang copy an usahakan ukuran kertasnya sama. File yang rapi akan membuat HR malas bertanya banyak.
  3. Kalau merasa kualifikasi kita bagus jangan takut untuk negosiasi gaji yang tinggi, tanyakan kepada teman-teman yang sudah di Qatar kira-kira berapa gaji yang pantas untuk posisi yang akan ditempati.

2 komentar:

tsabita mengatakan...

Assalamu'alaikum Abang,

Saya masih nunggu offering letter yang tak kunjung tiba. Dan mau tanya sama Abang soal range salary, kalo via japri aja gimana Bang?

wassalam,

Adi

Abang-Qatar mengatakan...

Wa a'laikum salam,

Sabar, sabar, sabar,....:) entar juga datang.
Jgn lupa follow up ke contact personnya secara intens.

Via japri ke abang boleh aja.

Wassalam,
abang