Sabtu, Mei 15, 2010

Perpanjangan visa dan Re-entry visa

Seperti yang pernah abang tulis sebelumnya bahwa visit visa hanya berlaku untuk izin tinggal selama 1 bulan, terhitung semenjak keluarga masuk ke Qatar. Jika ingin memperpanjang, maka perlu melakukan perpanjangan visa atau yang dikenal dengan Extend Visa. Lamanya masa perpanjang minimal adalah 1 bulan dan maksimal 5 bulan. Untuk yang 5 bulan, mengurusnya bisa “dicicil” setiap bulan sesuai kebutuhan (tapi kan cape), bisa juga langsung untuk 5 bulan).
Karena abang berniat ingin mengajak keluarga yang datang untuk berumrah ke tanah suci, itu berarti keluarga tersebut nantinya akan keluar Qatar dan masuk lagi ke Qatar. Nah masuk lagi ke Qatar itulah diperlukan yang namanya Re-entry visa. makanya abang mengurus sekaligus 2 permohonan, perpanjang visa dan Re-entry visa.
Caranya :
Seperti saat mengurus visit visa, datang ke imigrasi yang ada di Wakra pada pagi hari (kalau bisa sebelum jam 7). Langsung ke bagian pengetikan dan minta diketikkan formulir Extend Visa dan Re-entry Visa. Pada formulir Extend Visa sebutkan berapa lama perpanjangannya, sedangkan pada formulir Re-entry Visa sebutkan berapa hari kira-kira lamanya ke luar Qatarnya. Jangan lupa bawa ID kita serta 2 buah photo dan paspor keluarga yang dimaksud. Tinggal bayar @ 10 QR. Lalu menuju Health Centre untuk melakukan Medical Commission (M/C), seperti medical tes yang juga ada di Wakra.
Lokasinya :
Kalau dari arah Doha, setelah Roundabout (R/A) ke 2 (Shell R/A), ambil kanan. Akan ketemu R/A lagi, ambil kiri. Kira-kira 100 meter ada belokan ke kanan pertama. Di situlah tempatnya. Ada yang menyarankan untuk datang ke Health Center pada hari berikutnya, karena kalau ke imigrasi dulu takut waktunya tidak terkejar, walau jarak antara keduanya hanya sekitar 5 menit perjalanan.
Kenapa?
Health Center yang di Wakrah hanya melayani M/C sebanyak 15 orang perhari (kalau di Doha 20 orang) perhari. Jadi harus datang pagi-pagi untuk mengambil nomor antrian. Waktu itu abang datang sekitar jam 07.20. Benar aja, orang sudah banyak dan …. nomor antrian sudah habis. Waktu abang mau pulang ada yang manggil, kayanya orang arab (non-Qatari), Kira-kira dia tanya seperti ini. “Mau ke M/C?”. Kata abang :“Ya”. Trus dia bilang :”Ambil aja nomor antrian dan formulir M/C ini….. Saya ga perlu”. Habis itu dia langsung kabur. Aneh kan?? Kayanya sih dia salah ngambil nomor antrian atau mau antri tapi ga jadi.…Rezeki ga akan ke tukar… Abang dapat nomor 12, Alhamdulillah.
Kemudian abang menuju ke bagian pengetikan untuk mengisi form M/C yang didapat darri Health Center tadi. Lokasinya ada di luar Health Center. Kalau ga salah namanya “Flash Shop”, di dekat KFC / Baskin Robin sekitar Health Center. Nunggu beberapa menit sudah kelar. Tinggal bayar 5 QR. Setelah itu abang dan keluarga balik lagi ke medical center menuju loket yang bertuliskan “Medical Commission” menyerahkan :
1. Nomor antrian
2. Formulir perpenjangan visa (dari imigrasi)
3. Formulir M/C
4. 4 buah photo dan paspor keluarga
5. Membayar 100 QR (cash)
Mereka akan menyerahkan kembali paspor, formulir M/C yang sudah ditempel photo dan bukti pembayaran. Trus disuruh cek darah dan rontgen. Hasilnya baru ketahuan setelah 4 hari kerja. Karena cek darah, maka semalam sebelumnya disyaratkan untuk puasa. Oh, ya..untuk tau hasilnya kita bisa langsung datang ke imigrasi karena datanya mereka isi secara online atau telpon dulu ke M/C di 4986870.
Pada hari ke 5 Abang dan keluarga menuju imigrasi lagi untuk melanjutkan proses perpanjangan visa dan Re-entry visa. Datang sekitar jam 06.30 sesuai jam loket. Untung harinya gerimis, sehingga yang datang lebih awal cuman sedikit. Abang dapat nomor 5. Ternyata mereka pegawai imigrasi (2 lelaki berjubah dan 4 wanita bercadar) sudah stand by jam 06.30.
Menunggu sekitar 5 menit, tiba giliran abang. Pegawainya cuman tanya paspor keluarga, terus bayar 200QR tiap bulan perpanjangan dan 200QR untuk Re-entry visa (pakai ATM). Oh, ya..kalau berurusan dengan pegawai wanitanya, harus pasang telinga extra karena volume suaranya yang sangat kecil. Setelah transaksi selesai, kemudian mereka akan menempelkan 2 stiker pada halaman yang sama di paspor keluarga kita. Stiker pertama adalah perpanjangan visa, stiker kedua adalah Re-entry visa. Dengan dapatnya 2 stiker tersebut selesailah Proses Perpanjangan visa dan Re-entry visa.

Selamat mencoba !

Tidak ada komentar: