Senin, Mei 03, 2010

Membuat Surat Pengantar di KBRI

Surat pengantar dari KBRI diperlukan untuk menyatakan secara legal bahwa orang yang akan kita undang ke Qatar adalah benar2 keluarga dekat kita. Kita disini adalah sebagai sponsor. Proses pembuatan suratnya sangat mudah dan cepat (thanks yaa teman2 yang di KBRI). Cuman nunggu sekitar 1 jam sudah beres.

Syaratnya :
1. Copy passport dan ID sponsor
2. Copy passport keluarga yang diundang
3. Copy KK (menunjukkan hubungan kekeluargaan)
4. Copy passport, ID istri dan surat nikah jika mendatangkan mertua
5. Bayar QR 55 saja (resmi dan tanpa embel-embel)

Kalo membaca persyaratan yang ada, berarti keluarga yang didatangkan harus membuat passport lebih dulu sebelum membuat surat pengantar ini. Pihak KBRI akan mengeluarkan surat pengantar berbahasa arab di tujukan kepada pihak imigrasi untuk mengajuan Visit Visa. Sampai sini proses di KBRI selesai.

Namun ada cerita lain di balik proses pembuatan surat pengantar ini yang bikin abang gimanaaa gitu..2 kali datang ke KBRI dengan tangan hampa.

Pertama, abang datang siang bolong jam 11.45 ternyata sudah tutup. Karena memang hari/jam kerja KBRI untuk urusan seperti ini adalah minggu-kamis jam 08.00-11.30.
Kedua, abang datang lagi lebih pagi (jam 09.00), bela-belain dari Mesaieed-Doha. Ternyata juga tutup ! padahal bukan jum’at bukan sabtu. Tau kenapa??? Karena di Indo lagi Libur Nyepi…..nasib…nasib…..mentang2 dah jadi expat, ga liat kalender di negara sendiri.

*Note : Nomor telpon KBRI Doha 4664981

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar: