Kamis, April 29, 2010

Berteman Baik dengan 2 Orang India

”Ngapain juga berteman dengan orang India?”, mungkin itu pertanyaan sebagian orang Indo yang sudah lama tinggal di kawasan gulf countries jika membaca judul diatas.

Memang banyak cerita miring tentang kelakuan orang2 ini, karena memang budaya dan cara bergaul mereka yang sangat berbeda dengan orang2 kita. Namun diantara mereka pasti ada juga yang masih oke untuk diajak berteman. Abang sendiri mempunyai 2 orang teman India. Dari pertemanan “aneh” itu ternyata abang dapat mengambil beberapa manfaat dari keduanya.

Pertama adalah orang yang berasal dari Bombay. Dia adalah seorang India modern yang pernah abang kenal (emang yang lain primitif apa ??). Kenal saat masih sama2 di Bachelor accommodation dulu. Karena “seangkatan” jadinya training bareng, nunggu bis jemputan bareng, cari mobil bareng dan satu yang bikin mantap, punya hobby bareng : Badminton !.

Ternyata, oh ternyata… kalo kita bisa dekat dengan orang India, banyak “rahasia perusahaan” yang bisa kita tau. Dari masalah isu bonus tahunan, promosi, kenaikan gaji, atau hal2 lain tentang seluk-beluk Qatar yang tidak terungkap ke permukaan. Wajar mereka banyak tau, karena sebagian besar petinggi2 di perusahaan masih orang2 mereka dan hampir separuh penduduk Qatar adalah dari bangsa mereka. Selain itu, informasi juga menyebar sangat cepat di kalangan mereka, informasi apa aja.

Kedua adalah seorang muslim yang taat dan sangat baik ke semua orang tanpa melihat dari mana asal paspornya. Orang India seperti ini sangat langka di Qatar. Bisa nemu 1 dari 100 orang, hebat…Dia adalah rekan kerja abang, bahkan pernah 1 shift. Abang banyak belajar hal positif darinya. Lidahnya selalu basah dengan dzikir kepada Allah yang maha karim. Karena orangnya baik dan taat, dia jadi "dianggap" oleh teman2 sebangsanya. Satu hal yang sangat menguntungkan, jika ada orang India di lingkup kerja abang yang mau macam2 dengan abang, tinggal “lapor” sama dia udah beres urusannya. Mantap kan ?

Jadi, ga papa kalee berteman baik dengan orang India. Achaheee…..

Tidak ada komentar: