Minggu, November 15, 2009

Sayyidul Istighfar

Di beberapa channel TV arab seperti Al-Huda dan Al-Fajr juga saluran radio favorit abang di mobil 103.4 fm, setiap pagi dan sore selalu dibacakan do’a yang sangat agung sekali, namanya Sayyidul Istighfar atau kalau bahasa betawinya kita bilang Penghulunya Istighfar.


Do’a ini disunnahkan dibaca pada kedua waktu tersebut. Sangat dianjurkan mengamalkannya mengingat kandungan dan manfaatnya. Inti dari kandungan do’anya adalah memohon ampunan kepada Allah dengan terlebih dahulu mengakui Rububiyyah dan Uluhiyyahnya Allah. Sedangkan ganjarannya adalah surga bagi siapa yang membaca dan meyakininya.


Di Indo, do’a ini sangat jarang kita dengar kecuali hanya dari orang-orang yang memang sudah biasa mengamalkannya, padahal selain ada di dalam Shahih Bukhari, do’a ini juga terdapat di Hishnul Muslim, buku kumpulan do’a menurut Al-Qur’an dan Sunnahnya Syaikh Sa’id Al-Kahtani yang terkenal itu.


Lain di Indo lain di Arab. Jika kita berada di tanah Arab, do’a ini sangat familiar, dimuliakan dan disebarluarkan, bahkan pada khutbah jum’at pun kadang-kadang di syiarkan oleh khotib melalui mimbar jum’at. Seorang Qatari, rekan kerja abang sangat antusias untuk menganjurkan kepada teman kerja lainnya untuk menghafal dan mengamalkan do’a yang baik ini. Sungguh kultur yang berbeda !.


Jadi, ayo kita hafalkan dan amalkan do’a Sayyidul Istighfar ini.




Tidak ada komentar: