Rabu, Juli 15, 2009

Bisa ga sih gw kerja ke Qatar?

Banyak sekali pertanyaan serupa yang masuk ke e-mail abang.. Pertanyaan tersebut sebenarnya juga datang dan menghantui abang saat hendak ke Qatar dulu. Kenapa ya?


Jawabnya :

Mungkin karena orang kita banyak yang kurang PD. Jadi mestinya kita harus berkata “Gw mesti bisa kerja ke Qatar” sebelum berniat untuk ke sana. Kurang PD nya kita kebanyakan adalah karena bahasa, lalu diikuti dengan skill/pengalaman kerja. Kita merasa rendah di 2 poin tersebut.


Padahal nieh…..(buka rahasia) :


1. Banyak expat di Qatar yang cuman bisa ngomong Urdu sehingga bahasa tubuh lebih banyak mereka gunakan dari pada bahasa Inggris (bahasa kedua di Qatar setelah Arab). Parahnya kalo kita ga ngerti apa yang dia omongin, malah dianya yang mencak2. ukh, dasar !


2. Banyak orang kita yang seperti abang. Cuman banyak dengar daripada ngomong. Bukan karena jaim tapi memang englishnya yang Nol…..Makanya ada sebagian teman yang heran kenapa abang bisa kerja di Qatar padahal dulu abang langganan her mata pelajaran itu di kelas.


3. Bos kita (biasanya Arab) lebih butuh kita sebagai bawahan yang rajin dan patuh dalam bekerja dari pada sebagai bawahan yang tukang protes – karena pintar ngomong. Abang dengar langsung dari Bos Arab abang yang ngotot minta orang Indo lagi walaupun kolega Indianya ga setuju. Apa katanya ;”Kita butuh orang yang mau kerja bukan orang yang banyak omong dari suka CM alias cari muka”. Mereka orang2 arab sudah tau kalo kita umumnya ga fasih dalam Ber-english-ria (walaupun juga banyak teman2 kita yang lancar ngomongnya). Tapi mereka lebih suka dengan kinerja, pengalaman, semangat dan moral kerja kita, orang2 indonesia. Itu yang menjadi kebanggaan orang2 kita di sini.


4. Tentang skill, sudah menjadi rahasia umum kalo orang2 kita banyak yang ngajarin bos2 dan orang2 yang banyak omong tadi. Orang lain kalo ditanya apa aja sama si bos pasti jawabnya :”I know it too much”, padahal setelah bos pergi dia langsung nanya2 ke kita saat itu juga, sedangkan kita ada bersama mereka dari tadi di waktu dan tempat yang sama.


5. Satu lagi. Di Qatar ruang lingkup kerja atau job description nya sangat seempit dan sedikit dibanding waktu kerja di Indo dulu. Disini kalo kita ingin menjalankan sebuah instrumen yang menggunakan software misalnya, cuman boleh masuk di menu2 utama saja dan ga boleh utak-atik bagian lain. Dikiranya kita ga tau apa2. Padahal waktu di Indo ukh….tau sendiri. Kita yang order, kita yang kalibrasi, kita yang inspeksi, kita yang pakai, kita yang maintain, kita yang report. Pokoknya semua serba kita sendiri, kecuali kalo sudah rusak berat baru panggil suppliernya. Kalo di Qatar? Ya kaya tadi itu.


Jadi, mestinya gw bisa dunk kerja ke Qatar……

8 komentar:

GODO GADANG mengatakan...

Senangnya mendapat informasi dari Abang. Mdh2an saya dapat segera bergabung juga ke sana. Dan benar, 2 hal yang abang sebutkan tadi yg membuat kita kurang PD. Tapi setelah membaca artikel Abang ini, saya jd kembali bersemangat.

Kalau boleh tahu, Abang kerja di perusahaan bidang apa ya?

Abang-Qatar mengatakan...

Ya, semangat dan PD harus dipadukan erutama saat membuat CV dan interview. Percaya deh, orang kita ga kalah bersaing.

blogtya.co.cc mengatakan...

blog yang informatif dan menarik banget utk dibaca^^ Dan yang mau tya tanyakan itu, apakah bisa seorang perempuan merantau mencari kerja ke Qatar? adakah wanita asli Indo yang bekerja disana bang?

Abang-Qatar mengatakan...

@tya, ada aja wanita indo yang bekerja di qatar. Beberapa yang pernah abang temui seperti di tempat pengiriman uang (Habeeb Exchange dan Gulf Exchange). Banyak juga di Family Food Center.

Yoyok mengatakan...

Baca blog ini bener2 mantap banget Bang...yg tadinya rada2 berat ke Qatar, sedikit demi sedikit udah rada PD..hehehe

Abang-Qatar mengatakan...

alhamdulillah kalo gitu. Kebanyakannya jadi mudah kalo sudah di jalani, cuman perlu ekstra kesabaran

anton_salafy mengatakan...

Asalamualaikum..Bang,mw nanya dan minta info,krn sy jg berminat ke qatar, saya kan jobnya skr bisa sebagai field operator dan DCS operator refinery BUMN di indonesia,
1. klo ada lowongan bagian engineering instrument misal di qatargas or rasgas, bs kita apply (krn background kuliah sy instrumentasi)?krn saya jg menguasai instrumentasi,operating DCS,desain instrumentasi kilang, programing DCS...
2. apa benar salary operator (field or DCS) grade nya kecil drpd engineering?
3. boleh th berapa salary operator (field or DCS) dan engineering instrument di qatargas or rasgas?
terima kasih-anton

usaha mengatakan...

asaalamualiakum
dari iklanzoom.com dan tivasi.com
semoga yang kepingin kerja di Qatar dapat segera diterima dengan berbagai kemudahan dari Tuhan