Senin, September 15, 2008

Summer akan Berlalu

Membuka pintu depan accommodation subuh ini ada sesuatu yang lain dari sebelumnya. Apa? Hawanya sejuk. Sepertinya humidity sudah mulai membaik sehingga udaranya tidak terlalu kering. Ini bertanda summer tahun ini mulai berlalu. Pergantian musim ini ditandai angina yang cukup kencang selama beberapa hari terakhir.

Jadi ingat pertanyaan teman saat abang baru datang dulu saat pertengahan summer,”Gimana, betah ga? Karena biasanya kalau orang kita betah di Qatar pada summer, dia akan betah sepanjang tahun” katanya. Mudahan benar kata teman abang itu, sehingga abang akan betah sampai sepanjang tahun. Summer membuat banyak orang malas beraktivitas di udara terbuka. Summer juga yang “memaksa” sebagian orang keluar dari Qatar untuk mengisi liburan dan menghabiskan cuti. Bahkan banyak juga yang cuti ga balik lagi gara-gara musim yang satu ini. Alhamdulillah sampai hari ini abang sih betah-betah aja.

Seingat abang suhu di summer tahun ini mencapai 46 derajat dengan tingkat humidity yang cukup rendah. Bagi yang berkaca mata seperti abang untuk mengetahui cuaca di luar lagi humid atau tidak itu gampang, cukup dari kaca mata !. Kalau keluar gedung trus kaca mata langsung berembun dipastikan cuacanya sedang humid.

Saat summer, faktor humidity jauh lebih berpengaruh terhadap tubuh dan kenyamanan udara daripada suhu udara itu sendiri karena humidity yang rendah membuat udara menjadi kering. Itulah sebabnya sangat dianjurkan banyak minum air untuk mengganti kadar air yang berkurang didalam tubuh agar tidak ter-dehidrasi. Parameter mudah untuk mengetahui seseorang ter-dehidrasi atau tidak adalah dari warna air seninya. Semakin kuning-keruh air seni seseorang berarti semakin ter-dehidrasi orang tersebut.

Tidak ada komentar: