Jumat, September 19, 2008

Prosedur Pembuatan Police Clearance

Police Clearance (PC) atau Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) adalah selembar keterangan yang dikelurkan oleh pihak kepolisian untuk menyatakan bahwa seseorang tidak dalam kasus kejahatan. SKCK terkadang menjadi salah satu syarat untuk bekerja disuatu instansi, baik didalam maupun diluar negri. Hanya saja bedanya kalau didalam negri cukup dikeluarkan oleh Polres dan berlaku 3 bulan, sedangkan untuk yang keluar negri dikeluarkan oleh Polri dan berlaku 6 bulan. Menurut pengalaman abang, permintaan PC datangnya bersamaan dengan offering letter.

Prosedur pembuatannya adalah :

Pengantar dari RT -> RW -> kelurahan-> kecamatan -> polsek-> polres (nunggu 1 hari) -> polri (krn di bogor dekat dengan Jakarta ga perlu ke polda, nunggu 1 hari), disini sudah dibuat dalam dlm 2 bahasa dan gratis -> Kementrian HAM (nunggu 3 hari, biaya 10rb) -> Deplu (nunggu 3 hari biaya 10 ribu) -> Qatar embassy (nunggu 1 hari kalau beruntung bisa jadi sehari, biaya 65 rb).

Jangan lupa bawa photo ukuran 3x4 dan 4x6 masing-masing sebanyak 2 lembar untuk proses dari kelurahan hingga deplu. Silakan berjuang !

2 komentar:

cari menique mengatakan...

perlu ga bikin surat kelakuan baik?klo kita ikut suami n punya rencana ngelamar2 kerja disana?, kemarin suami ga buat SKCK

Abang-Qatar mengatakan...

Baiknya sih bikin aja kalo bisa, karena nantinya akan semakin ketat. ini berkenaan dengan kemudahan bagi pemerintah qatar melacak expat yang kabur dari qatar dengan membawa hutang. Waktu abang bawa, eh malah ga ditanya sedikitpun tuh dokumen.