Kamis, September 04, 2008

Imsak Jam Berapa?

"Bang, imsak jam berapa?", tanya tetangga saat abang sahur 20 menit menjelang subuh. waduh agak bingung juga jawabnya. Abis kata imsak ga ada di jadual ramadhan Qatar. Abang cuman bilang kalo abang juga ga pake imsak2an, berhenti makan beberapa menit dari waktu sholat subuh. Akhirnya tetangga juga ngikutin kelakuan abang.

Memang ada beberapa hal yang di negri kita menjadi budaya, tapi di Qatar bukan dianggap sebagai budaya. Begitu pula sebaliknya. Salah satu budaya yang ada di Qatar tapi jarang di lakukan oleh kita di Indonesia adalah saat ketemu jabatan tangan sambil bilang ;"assalamu a'laik, kaifal halik?". Sesama Qatari terkadang ditambah dengan saling mempertemukan hidung atau jidat. Lucu juga ngeliatnya. Jawaban dasar yang abang punya sih cuman, : "alhamdulillah..." atau "tamam...." atau "zain....". Kalo kemarin sudah bilang alhamdulillah..., hari ini bilang tamam.., besok bilang zain... Lusa??? apa lagi kalo bukan alhamdulilah....???$$$???.

Kebiasaan ini dilakukan tiap pagi kalo ketemu teman2 dikantor, kudu salaman dulu sebelum kerja, kaya kita abis libur lebaran aja. Menurut abang kebiasaan ini bagus, selain untuk lebih mengakrabkan, juga biar bisa ngapusin dosa. Jadi ingat hadits nabi yang maksudnya kurang lebih: "Barangsiapa yang bertemu sesama muslim lalu saling berjabat tangan dan ikhlas karena-Nya niscaya diampuni dosa2 (kecil) nya".

Tidak ada komentar: