Kamis, September 04, 2008

Banyak Jalan Menuju Qatar


Pertanyaan pertama bagi orang2 yang sudah berniat untuk bekerja di Qatar adalah bagaimana caranya agar bisa bekerja disana?. Berdasarkan pengalaman abang dari searching, browsing, info kawan dan sebagainya hingga bisa bekerja di Qatar, maka abang coba menyimpulkan jawaban atas pertanyaan diatas, melalui postingan ini. Mudahan bermanfaat.
Banyak jalan menuju Qatar. Itulah setidaknya yang ada dibenak abang setelah beberapa bulan di Qatar. Setiap orang memiliki jalan yg berbeda2. Jalannya ada yg lurus seperti jalan tol, namun ada juga yg berliku dan mendaki. Ada yang sangat mudah dan singkat, tapi tidak sedikit yang panjang, berliku dan melelahkan.

Diantara jalan-jalan menuju Qatar adalah:
1. Cari info lowongan di koran
Biasanya agen2 yang ditunjuk oleh perusahan2 di Qatar akan mengiklankan lowongan kerja di harian nasional seperti kompas, khususnya pada hari sabtu dan minggu. Kalo emang niat, begitu liat ada lowongan segera kirim CV nya. Jangan ditunda2, karena kalo ditunda akan mudah lupanya. Kalo sudah begitu satu peluang sudah kita abaikan. Kebanyakan teman2 yang bekerja di Qatar melalui cara ini.

2. Kirim CV ke agen2 resmi
Ini juga membuka peluang jalan menuju Qatar. Ga usah malu, ga usah gengsi. Kirim aja CV dan berikan judul sesuai keahlian kita ke admin mereka. Kalo emang jodoh, itu adalah awal langkah kita untuk mendarat di Doha International Airport.

Setau abang agen2 resminya adalah :
· http://www.gunamandiri.com/
·
http://www.lansima.com/
·
http://www.uzmagroup.com/ (kayanya berpusat di Malaysia tapi interview di Jakarta)

3. Kirim CV di harian e-newspaper middle east
Bisa juga kita buka website e-newspaper yang ada di middle east, lalu pilih classified (job). Tinggal pilih lowongan yang sesuai. Terkadang ada perusahaan yang merasa cocok dengan aplikan, mereka berani undang interview ke middle east. Lumayan bisa jalan2 gratis.
Contoh website e-newspaper yang bisa dicoba adalah;
· http://www.gulfjobs.com/
·
http://www.khaleejtimes.com/ (berpusat di abu dhabi)

4. Register di agen2 yang ada di middle east
Cara ini mirip seperti waktu kita register di
http://www.karir.com/ Kita diminta mengisi form standard mereka, maka data kita masuk kedalam data base mereka. Kalo ada lowongan yang cocok, agen tsb akan menginformasikan CV kita ke calon perusahaan yang akan merekrut. Terkadang perusahaan itu sendiri yang menyortir data base kita.
Website agen tenaga kerja di middle east diantaranya :
·
http://www.bayt.com/
·
http://www.allarabia.com/

5. Ikut milis yang sesuai
Subscribe di milis yang sesuai juga akan banyak memberi informasi dan peluang kerja ke Qatar. Selain milis yang berbau oil and gas yang ada di Indonesia, baiknya kita juga bergabung di milis yang dikelola orang indonesia di Qatar. Menurut abang milis yang paling informative mengenai Qatar adalah tentangqatar@googlegroups.com.
Silakan masuk dan join melalui blognya Pa Syarif di http://www.tentangqatar.com/ Kita akan banyak tau informasi tentang Qatar termasuk info lowongan. Abang juga belajar banyak melalui blog ini (yang kemudian dibuat menjadi milis). Spesial untuk Pa Syarif :”Terima kasih info tentangqatar nya, semoga amal baik Bapak senantiasa di balas dengan ganjaran yang banyak oleh Allah sang pemilik langit dan bumi, amin”.

6. Nitip info lowongan kepada teman yang sudah di Qatar

Ini juga cara jitu dan praktis untuk dapat bergaji Qatar Riyal. Karena terkadang si boss merasa puas dengan performance orang Indonesia yang kerja di Qatar kemudian dia percaya untuk mengambil lagi orang Indonesia melalu orang yang sudah dikenalnya. Cara ini juga menguntungkan bagi si boss karena dia bisa mendapatkan anak buah yang sudah direkomendasikan. Hanya saja cara ini peluangnya terbatas. Mungkin cuman 1-2 orang dalam satu kesempatan. Mudah2an kita yang membaca postingan ini adalah diantaranya. Karena itu, coba ingat2 lagi kira2 siapa teman sekolah, teman kuliah, teman main atau tetangga yang sudah bekerja di Qatar. Segera hubungi dan cari tau, siapa tau anda yang ditakdirkan beruntung lewat jalur khusus ini.

7. Kirim CV langsung ke website perusahaan2 Qatar.
Ini adalah cara ampuh lain untuk bisa mengembara di gurun Qatar (ngapain coba.…:)). Sengaja cara ini abang tulis di akhir karena abang juga bisa sampai ke Qatar dengan jalur ini. Kita tinggal masuk ke website perusahaan2 qatar, lalu klik vacancies, kemudian sortir sesuai kualifikasi kita, lalu attach CV dan klik on line apply. Kalo calon boss merasa cocok dengan CV kita, mereka akan confirm via email bahwa mereka akan menginterview kita via phone lalu kita diminta menentukan hari dan jamnya. Oh ya, jam kerja kantor di Qatar umumnya dari jam 07.00-15.00 dan lebih lambat 4 jam dari waktu Jakarta. Untuk kantor2 layanan masyarakat biasanya buka lagi dari jam 16.00-20.00. Trus jangan lupa di Qatar week end nya adalah hari Jum’at dan Sabtu.

Kalo hasil interview via phone sukses, kita akan diundang untuk site interview di Doha, ibukotanya Qatar. Peluang kita untuk diterima jika sudah sampai Doha pastinya lebih besar lagi, karena kandidatnya terkadang cuman kita sendiri. Cerita tentang Interview akan diposting di waktu yang lain, insya Allah.
Trus, websitenya apa aja? Lowongannya ada ga?
Jawabannya, liat sendiri di link dibawah ini.

Website perusahaan migas :
· Qatar Petroleum (Pertaminanya Qatar, mencakup Refinery dan NGL) : http://www.qp.com.qa/
· RasGas Companies, :
http://www.rasgas.com.qa/
· Qatar Liquefiled Gas Co, :
http://www.qatargas.com.qa/
· Oryx GTL (Gas To Liquid) :
http://www.oryxgtl.com.qa/
· Qatar Petrochemical Co :
http://www.qapco.com.qa/
· Qatar Fertilizer Co. :
http://www.qafco.com.qa/
· Qatar Chemical Co (Q-Chem) :
http://www.qchem.com.qa/
· Qatar Fuel Additive Co. :
http://www.qafac.com.qa/
· Qatar Vinyl Co. :
http://www.qatarvinyl.com.qa/

Website perusahaan non migas :

· Medical :
http://www.hmc.org.qa/
· Air dan listrik :
http://www.kahrama.com/
· Komunikasi :
http://www.qtel.com.qa/
· Otomotif (
hrmtoyota@qatar.net.qa)
· Steel :
http://www.qasco.com.qa/
· Semen :
http://www.qatarcement.com/
· Maskapai penerbangan :
http://www.qatarairways.com/

Pertanyaan selanjutnya, mana jalan yang kita pilih ??? Selamat mencoba, semoga berhasil.

35 komentar:

sebuah mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb
Lulusan STM Bontang ya Bang? Saya juga, tapi tahun 2004.
Bang, saya juga pengen bekerja diluar negeri, misalnya di Qatar. Tapi saya tidak punya pengalaman bkerja di oil&gas. Pengalaman saya justru di laboratoriun batubara. Mmm, kira2 bisa ga ya bang??

Abang-Qatar mengatakan...

Wa a'laikum salam,

Wah adik kelas donk...
Bekerja di Qatar tidak mesti harus berpengalaman di oil & gas company karena disini juga banyak perusahaan lain, misalnya air minum, semen dll yang pasti butuh tenaga lab. Hanya saja perlu kemampuan "menjual diri" agar CV kita bisa dilirik oleh calon user. Apalagi anda sudah berpengalaman di tambang batubara yang notabene "saudaranya" migas.

Ada kabar bagus, saat ini perusahaan2 oil dan gas di Qatar agak susah mencari tenaga kerja yang berpengalaman di bidang yang sama karena kehabisan pasokan tenaga kerja...So, terus coba dan jangan lupa berdo'a.

Kalo maen ke STM salam untuk Bu Masni dan Bu Sukarsih ya..

wassalam,
abang

anaz mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb
perkenalkan saya anaz
lulusan stm bontang thn 2001.
saat ini saya bekerja di perusahaan migas di balikpapan sbg prod. operator..
saya sangat tertarik utk bekerja di Qatar seperti abang.
masalahnya pengalaman saya baru 3thn lebih dikit he3..
abang punya saran g untuk saya kedepannya???

anaz mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb
perkenalkan saya anaz
lulusan stm bontang thn 2001.
saat ini saya bekerja di perusahaan migas di balikpapan sbg prod. operator..
saya sangat tertarik utk bekerja di Qatar seperti abang.
masalahnya pengalaman saya baru 3thn lebih dikit he3..
abang punya saran g untuk saya kedepannya???
wassalam..

Abang-Qatar mengatakan...

wa a'laikum salam,
anas, segera buat CV yang bagus dan cari peluang ke qatar. pengalaman 3 th di oil dan gas sudah lebih dari cukup utk bersaing ke qatar. selamat mencoba.

abang

bahar mengatakan...

saya punya exprience 8 tahun di ammonia saya juga lulusan stm lho tapi taun 2000 bagi donk bang resepnya biar dapat lowongan kerja disana

bahar mengatakan...

setahu saya bu masni ama bu sukarsih udah gak di stm lho

Abang-Qatar mengatakan...

Bahar,..
backgroundnya sudah sangat bagus. tinggal poles dikit di CV. Insya Allah saya akan posting mengenai trik2 membuat CV, Mencari peluang dana sukses di interview.

Fitri Romadlan mengatakan...

Assalamu'alaikum wr wb
bingung deh manggilnya, karena aku angkatan I, dipanggil abang kalau-kalau adik kelas, atau mungkin kita satu angkatan?
Untuk yang jadul (dan nggak punya ijazah S1) seperti aku ada peluang nggak disana?
kalo ada waktu email aku di luthfialfarisi@yahoo.co.id
Salut dan bangga deh atas prestasimu, semoga tetap istiqomah dan sukses selalu.

agan mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb

Bang,k qatarnya ga melalui yayasan yah??? apa bisa kita k qatar tanpa melalui yayasan???

wassalam

agan mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb

Bang, saya buka semua website industri yg di qatar, tapi untuk posisi analis kimia/lab techinician disana tuh namanya apa sih posisi nya, ko dicari2 untuk posisi tsb ga pernah ada list jobnya???


Wassalam

agan mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb

aduuh saya nanya melulu, maklum habis baca blog abang jd semangat lg buat ngeply2 k qatar, bang bisa ga minta contoh CV nya dlm bhs inggris, habis baca artikel yg d blog abang ttg buat CV saya kurang paham nih, boleh liat ga yg punya abang kaya gmn??? ato saya kirim CV k abang trus mohon masukannya untuk perbaikan CVnya??? untuk posisi seperti abang harus level D3 ato S1????


Wassalam

Abang-Qatar mengatakan...

Pembaca yang budiman..

Karena satu dan lain hal, abang minta maaf baru bisa akif lagi.

Kunci pertama untuk bisa menuju qatar adalah membuat CV yang "menjual". Silakan tanya ke orang2 yg bisa dipercaya ttg bagaimana caranya menjual diri yang baik didalam CV.

Om Fitri, berarti anda adalah kaka kelas "abang" donk. Jadi ingat masa2 dulu....

Oh ya, satu lagi info dari saya, bekerja di qatar yang paling penting bukan ingkat pendidikan tetapi pengalaman dan cara menjual diri. Banyak juga lulusan tingkat menengah atas yang bekerja di qatar. Dari almamater kita aja ada 7 orang.

Mas Agan, utk posisi lab biasanya mereka tulis sebagai Laboratory Technician atau Analyst Laboratory. Untuk posisi diatasnya bisa juga mereka tulis sebagai Senior Lab Technician atau bahkan Chemist. Mengenai CV kalo anda percaya sama abang bisa dikirim untuk abbang beri pengarahan lebih lanjut.


Salam dari Qatar

rahmiat mengatakan...

Ass.wr.wb
Bang, kalo peluang paramedic Indonesia untuk ke QP gimana?

Abang-Qatar mengatakan...

wah itu sih besar sekali.

Banyak orang medik disini muungkin sekitar 50 an. Mereka malah bikin perkumpulan yang namanya inna-Q. Tetangga abang juga orang medik (indo).

Hanifah mengatakan...

Assalamu'alaikum wr Wb

Bang terima kasih yah sdh mau berbagi disini.
Saya sangat tertarik dengan peluang Paramedic di QP. Suami saya juga adalah seorang Perawat di rumah sakit Perusahaan Tambang Nikel, dan sudah berlangsung selama 5 tahunan. Kira2 ada peluang gak ya ke QP?

Oia Bang, saya juga pengen contoh konkrit CV or Resume yg 'menjual' dari Abang (kan Abang sdh terbukti nih kan hehe...) agar pihak QP mempertimbangkan dan akhirnya menerima suami. Terima kasih

Abang-Qatar mengatakan...

Hanifah,
Suami anda sangat berpeluang untuk ke Qatar termasuk QP. Kebanyakan perawat di sini tadinya bekerja di Tambang. Sebagiannya berasal dari Contractor Freeport.

Tentang contoh nyata CV, tunggu aja waktu postingannya. insya Allah. Mudahan abang diberi kemudahan untuk menulisnya.

awalia mengatakan...

Assalamu'alaikum Abang..

Salam Kenal,
Salut deh Bang, niatnya baik amat membantu memberi jalan saudara2 di indonesia yang lagi krisis supaya mau terus berusaha. Kebetulan saya udah beberapa kali kirim lamaran tapi belum ada kesempatan yang datang. Pengalaman sy pernah bergabung di oil&gas, saya lulusan D3. Kyny cv udah dipoles2 tapi tetep aja gak ada yang nyangkut

Abang-Qatar mengatakan...

@Awalia...
kalo cuman kirim CV beberapa kali itu ga seberapa. abang dulu mungkin ratusan kali...diantara sebanyak itu cuman 2 yang dipanggil. Alhamdulillah 1 diantaranya mau nerima abang apa adanya, alhamdulillah.

Trus kirim dan jangan lupa di poles lagi CV nya. Do'a juga pasti banyak membantu.

Kalo mau percaya dan minta komentar abang tentang CV anda, silakan kirim e-mail ke abangqatar@yahoo.com kalo ada waktu abang kasih sedikit saran.

panji mengatakan...

ass bang sy pengen kerja ke qatar tp saya lulusan stm pernah magang d japan selama 3 tahun di bidang pengelasan,mohon petunjuknya bang,trs masalah cv sy gak ngerti tolong penjelesanya bang.terimakasih wassalam

sthiwa_alfaiziey mengatakan...

Assalamualaikum.wr.wb
bang saya saat ini masih bekerja di pertamina sebagai teknisi listrik, penddikan terakhir saya s1 elektro, saya sangat ingin kerja di di qatar, bang bisa gak merkomenndasikan saya,

jazakallah khair

rangawak mengatakan...

thanks bang infonya...
tapi ini kan thn 2008 ya.sekarang masih banyak ga' kesempatan ke sana ...

M.Anhar Fanani mengatakan...

Assalamu'alaikum...

Blog yg menarik dan bermanfaat... Mau nanya Bang, saya memiliki pengalaman kerja sebagai seorang Banker untuk Corporate selama 5 tahun di bidang oil & gas, energy & powerplant. Kira2 ada peluang kah bagi saya karena sepertinya kebanyakan ygbdibutuhkan engineer. Sebagai informasi background pendidikan saya teknik Industri.

Mohon saran, terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb

Wildan Ahmad mengatakan...

assalamualaikum bang ,

salam kenal terlebih dahulu bang , bang kalo untuk nekerja di qatar apa lulusan mempengaruhi bang ? masalahnya saya cuman lulusan SMK analisis kimia di bandung . Untuk pengalaman saya sudah bekerja di selama 4 tahun di PT.Lautan Luas yg bergerak di bidang kimia sedangkan untuk pengalaman selama 4 tahun saya sudah jadi analyst laboratory tapi saya belum punya basic di oil&gas bang , saya sangat pengen banget bang bisa kerja di qatar tapi selama ini saya selalu bingung karena harus mulai darimana bang jadi saya mohon sarannya yaa bang sama kalo boleh bisa di kasih pencerahan tentang pembuatan CV yg bisa menarik perhatian pengusaha di qatar . terima kasih bang

Wassalamualaikum Wr Wb

Tasrif Oktafiandi mengatakan...

assalamualaikum, abg saya lulusan Fakultas Hukum di Batam. adakah pekerjaan yang masuk dengan kejurusan saya dsana bang?mohon bimbingan dan arahannya bg

Nasmendra Mendra mengatakan...

Asalamualaikaun Abang - Qatar, mendengar informasi dan peluang yang abang sampaikan dan gambarkan kelihatanya, sangat bagus sekali untuk membuka wawasan kita mengenai bagaimana bekerja ke luar negri. Kebetulan ada teman saya di Qatar dia bekerja di Qatar Petroleum dan informasi dari dia bahwa di QP ada banyak lowongan mulai dari level bawah sampai dengan level atas.

oyaa kebetulan Saya sendiri sudah masukan Aplikasi melalui web site nta QP di bagian Maintenance Vechile and Equipment karena pengalaman dan background saya di bidang tersebut.

InsyaAllah ada rezky dan bisa bekerja di Qatar Aminnn Ya Robalalamin

Desti Maya Sari mengatakan...

Ass.
Saya mau tnya. Saya masih in progress s1 teknik industri migas nah kalo saya suda selesaikan s1 dan saya mau mencoba untuk nglamar pekerjaan di qatar tp pengalaman saya 0 di dunia kerja. Bagaimana bang ? Trus bagaimana sih contoh cv abang yg menjual itu sprt apa ? Tolong sarannya bang

Sakti S mengatakan...

selamat malam,

saya dapat tawaran pekerjaan dari perusahaan inggris yang jobsite di Qatar, dan saya diarahkan untuk menghubungi Qatar Labor Expatriate Employment Dept. Setelah berkomunikasi dengan Dept tersebut saya diharuskan membayar biaya doukumen dan kurir sebesar 8jt rupiah. kira2 menurut abang yang sudah bekerja di Qatar bagaimana mengenai hal ini? Apakah prosedurnya memang speerti itu?
Tks

eka afnii mengatakan...

asalamualaikum abang, saya eka afni lulusan akademi perminyakan tp saya masih freshgraduate dan saya wanita, saya mau tnya klo saya ingin bekerja di oil&gas di qatar bagaimana prospeknya? mohon bantuan nya

Yusrizal mengatakan...

Assalamualaikum Bang,

Ane punya pengalaman juga di lab nih. pengalaman kerja di oli and gas cuma magang 2 bulan. bisa gak bang?

Aprido Silalahi mengatakan...

Nice & Important information bang.. :)

Jefri Arif Riyanto mengatakan...

Bang masih d qatar kah?

Jefri Arif Riyanto mengatakan...

Bang masih d qatar kah?

ERNI NURWANTI mengatakan...

bang minta bantuannya ya supaya berkenan untuk email contoh cv nya ke email saya ini erni.nurwanti11@gmail.com ada saudara saya yang ingin bekerja di Qatar, terimakasih bang.
wassalam

Arif Fadli mengatakan...

Bang saya juga mau dong bang di berikan contoh CV nya... Hehe
Oh iya saya Arif mahasiswa Teknik Geologi
Btw saya boleh minta kontak abang Qatar? Haha
PIN mungkin
Thanks bang