Rabu, September 24, 2008

3 Bulan percobaan

Hari ini adalah tepat 3 bln abang join dg perusahaan di Qatar. Something special ? pasti. inikan berarti abang sudah melewati masa kritis percobaan 3 bulan. Wah, enak dong ? alhamdulillah. walau awalnya agak susah menjalaninya, namun 2 bulan terakhir abang sudah bisa menikmati hari-harinya. Tadi beberapa teman termasuk senior abang yang Qatari sudah ngucapin mabrouuk (ucapan selamat orang arab pada seseorang yang mendapatkan sesuatu yang baik/berharga).

Namun satu hal yang masih tersisa dari masa 3 bulan ini adalah confirmation letter dari perusahan yang belum keluar. Biasanya nunggu 1 atau 2 minggu, bahkan ada juga yang harus lebih bersabar sampai nunggu 1 bulan hingga "surat sakti" ini keluar.

Surat sakti??
Ya, karena dengan surat sakti itu seseorang akan dinyatakan sah sebagai karyawan di Qatar. Dengan selembar kertas ini seseorang yang berstatus bachelor-married (sudah berkeluarga tapi bujangan karena keluarga masih di negara masing-masing) bisa mengajukan perpindahan status menjadi married dan membawa keluarga ke Qatar. Selain itu surat sakti ini juga bisa digunakan untuk mengajukan furniture allowance. Bisa juga sebagai jaminan ke bank untuk mengajukan car loan dengan bunga yang sangat rendah sekitar 3 %, dan personal loan dengan bunga 8 %.

Kenapa suratnya terlambat?
Jangan sebut Qatar kalau tidak ada yang terlambat. Satu kelemahan sistem di sini adalah segala sesuatunya berjalan dengan lambat. Mungkin karena SDM dan budaya orang2 yang terlibat didalamnya yang masih perlu banyak perbaikan. Makanya kalau abang ngurus apa2 terus dijanjiin minggu depan selesai, maka baru akan selesai 2-3 minggu lagi.

Jadi ingat waktu awal2 dulu mau bikin account di bank, duh leleeeet banget. buhhh...
Gimana ga lelet, bikin surat pengantarnya aja semingguan baru jadi, trus bikin accountnya semingguan, trus bikin atmnya juga semingguan...ga percaya? abang juga hampir2 ga percaya, Padahal kalau kita buka account di bank yang sekelas di indonesia, kita cuman butuh waktu 1 jam hingga dapat atm nya. Tapi mau gimana lagi, ini Qatar bung !

Mohon do'a dari teman2 abang yang baca blog ini biar surat saktinya cepat keluar, ma kasih ya...

Tidak ada komentar: