Jumat, Desember 25, 2009

Belajar Bahasa Arab Yuk...


Tinggal di Arab tapi ga bisa Bahasa Arab rasanya gimana yah ?....Malu, sayang atau biasa-biasa aja ?... Jawabannya pasti beragam, demikian juga dengan alasannya.

Menurut abang, sangat rugi kalau sudah ada di tanah Arab tapi ga bisa Bahasa Arab. Karena walaupun hampir semua urusan bisa diselesaikan dengan Bahasa Inggris, namun tetap saja kita butuh dengan bahasa setempat untuk mempermudah penetrasi kita saat berinteraksi dengan mereka. Apalagi tidak semua orang yang tinggal di Qatar bisa berbahasa Inggris. Bahkan sebagian pembicaran dan baca-tulis masih tetap menggunakan Bahasa Arab. Lagi pula tidak akan rugi orang yang mau dan bisa berbahasa Arab, terlebih bagi seorang muslim hal ini menjadi suatu kewajiban karena Allah sudah menaqdirkan menggunakan Bahasa Arab di dalam Alqur'an dan juga di dalam bacaan sholat serta ritual keagamaan lainnya. Bagi kita yang di Qatar atau negara Arab lainnya Bahasa Arab semakin terasa diperlukan saat kita sholat jum'at dan dua hari raya yang kebanyakan menggunakan Bahasa Arab sebagai pengantar khutbahnya. Padahal kita tahu bahwa khutbah adalah rukun dari rangkaian ibadah tersebut.

Berkenaan dengan keutamaan Bahasa Arab, Ibnu Katsir berkata ketika menafsirkan QS Yusuf : 2 ("Sesungguhnya kami menurunkannya berupa Al-Qur'an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya") daengan tafsiran : "Yang demikian itu (bahwa Al-Qur'an diturunkan dalam bahasa Arab) karena Bahasa Arab itu adalah bahasa yang paling fasih, jelas, luas dan maknanya lebih mengena lagi cocok untuk jiwa manusia, oleh karena itu kitab yang paling mulia (yaitu Al-Qur'an), diturunkan kepada rasul yang paling mulia (yaitu Rasulullah), dengan bahasa yang paling mulia (yaitu Bahasa Arab), melalui perantaraan malaikat yang paling mulia (yaitu Malaikat Jibril), ditambah kitab inipun diturunkan pada dataran yang paling mulia diatas muka bumi (yaitu tanah Arab) serta awal turunnya pun pada bulan yang paling mulia (yaitu Ramadhan) sehingga Al-Qur'an menjadi sempurna dari segala sisi".

Trus gimana yah ?

Tidak dapat tidak, kita harus belajar bahasa Arab dari sekarang. Masalah lancar tidaknya atau berhasil gagalnya itu adalah persoalan lain.

Bagaimana caranya?

Banyak cara untuk bisa berbahasa Arab. Berada di tanah Arab menjadi poin tersendiri untuk membantu kelancaran dan kemudahannya. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah ;

1. Belajar Otodidak

Bisa dengan membaca buku, kaset, CD atau alat virtual lainnya. Bisa juga dengan belajar melalui situs yang memberikan pengajaran Bahasa Arab seperti ;

http://badar.muslim.or.id/

http://radiorodja.com/category/bahasa-arab

http://arabic.web.id/

Namun cara ini harus mencari "lawan bicara" atau "guru" sendiri agar bisa lebih maksimal belajarnya.

2. Belajar dengan Guru Ngaji

Di Qatar ada guru ngaji kewarganegaraan Indo? Banyak...banyak sekali orang indo yang bekerja di Qatar sebagai muadzzin masjid. Mereka adalah lulusan dari LIPIA Jakarta, pesantren atau lembaga tinggi islam lainnya. Dengan keilmuan mereka, mereka juga bisa menjadi guru ngaji. Bahkan kalau bisa melakukan pendekatan yang baik insya Allah mereka mau membantu kita untuk mengajarkan bahasa Arab disela-sela kesibukan mereka.

3. Belajar di Language Institute, Doha

Ini adalah lembaga resmi pemerintah Qatar untuk pembelajaran bahasa. Bukan hanya Bahasa Arab yang ditawarkan, tetapi juga ada program bahasa Inggris, Prancis dan Jepang. Lama pendidikannya adalah 6 level dan diberi sertifikat diploma bagi lulusannya. Syaratnya mudah, cuman bawa surat pengantar dari kantor, copy RP dan bayar QR 200 per level. Untuk lebih jelasnya silakan buka di http://www.lidoha.com/

Mengenai lembaga ini, minggu lalu Abang sudah menjalani placement test. Dalam seminggu ini hasilnya akan di umumkan. Uniknya saat placement test tersebut peserta yang ikut adalah dari multinasional. Mulai Indonesia, Malaysia, India, Pakistan, Singapore, Filiphina bahkan beberapa tampang Afrika dan Eropa ikut ambil bagian juga.

Mohon do'a dari teman2 pembaca agar abang dimudahkan dalam belajar dan memahami Bahasa Arab.

Jadi, belajar Bahasa Arab yuk...

Tidak ada komentar: