Senin, September 15, 2008

Akhirnya...... Datang Juga

Satu setengah bulan sudah abang menunggu hasil site interview lalu. Namun belum ada good news dari Qatar. Ini membuat pikiran sedikit bete. Bekerja juga sudah setengah hati, karena pikiran setengah di Indonesia setengah di Qatar. Memang sebelum abang site interview sudah ada dua orang India yang mendahului untuk posisi yang sama padahal yang dibutuhkan hanya satu orang. Biar dapat kepastian abang inisiatif tanya ke HR nya via email, katanya masih proses. Euh….lama bangetttt.

Setelah dua bulan lebih belum ada tanda-tanda menggembirakan, abang tanya lagi. Ternyata lebih menyedihkan, ga dijawab !!. Coba tanya-tanya ke teman-teman yang sudah di Qatar. Memang prosesnya sering lelet dan butuh kesabaran. Abang pikir ini adalah ujian kesabaran. Jadi ya harus banyak bersabar.

Sepuluh hari kemudian abang beranikan diri tanya lagi ke HR dan…….the good news is coming. Abang sukses interview dan mendapatkan offering letter yang abang tunggu selama ini. Akhirnya segala perjuangan dan do'a mulai membuahkan hasil.

Offering letter yang ada sudah ditanda tangani oleh pihak HR. Mereka minta abang print suratnya trus tanda tangan dan kirim balik ke mereka baik via email (di scan) atau fax. Ada 3 file yang saat itu abang terima dan harus di paraf tiap halamannya sebelum dikirim balik, yaitu offering letter, standard terms & conditions (seperti Perjanjian Kerja Bersama), dan form pendidikan & pengalaman kerja.

Yang membuat sedikit kecewa adalah ternyata offering letter itu hanya berlaku 10 hari dari tanggal penandatanganan oleh bos di HR, sedangkan abang terima emailnya pada hari ke 7. Waduh…nyangkut dimana dulu tuh email???. Tapi karena semua yang ada di offering letter itu adalah sama seperti yang mereka informasikan saat site interview dulu jadi hanya butuh satu hari meyakinkan diri untuk menandatanganinya.

Selain itu mereka juga meminta abang agar segera bergabung dan memberitahukan kapan kepastian berangkat dan di bandara mana abang memulai keberangkatan tersebut. Setelah berdiskusi dengan istri dan beberapa orang dekat dengan memperhitungkan masa persiapannya maka abang memutuskan untuk berangkat 10 hari kemudian. Ini sangat cepat karena beberapa persiapan lain sudah abang selesaikan sebelum offering letter tiba. Sehingga begitu offering tiba abang sudah siap 100% ke tanah arab ini. Ya Allah aku bersyukur atas ijabahnya do’a ini dan abang berterima kasih kepada semua yang membantu perjalanan abang menuju Qatar semoga amal mereka menjadi amal yang shaleh, amin.

Manfaat cerita ini :

  1. Inisiatif menanyakan hasil interview memberi kepastian jawaban.
  2. Terkadang HR juga bisa lupa kalau tidak kita follow up (mungkin karena banyaknya orang yang di hire pada waktu yang sama).
  3. Menunggu offering letter cukup lama, gunakan waktu yang ada untuk persiapan lainnya.
  4. Dukungan dan do’a dari teman dan orang-orang dekat sangat diperlukan.
  5. Kesabaran adalah ujian menuju Qatar.

12 komentar:

ian mengatakan...

Assalamu'alaikum Abang,

Gw jg salah satu kandidat yg HHC (harap2 cemas) menunggu hasil interview dari RasGas via GMP..
udah 3 mingguan interview, tp sampe sekarang jg belum dapat konfirmasi Ya/Tidak. jangan2 belum berhasil kali.
Bingung ni bang. Btw, tulisan nya sngat bermanfaat. Terima kasih ya bang.

Wassalam

Abang-Qatar mengatakan...

Perasaan yg sama jg dirasakan hampir semua yang akan berangkat ke Qatar.Kuncinya adalah Sabar dan sabar. Jangan lupa jg perbanyak do'a.

Ada baiknya sering2 tanyakan ke GMPnya biar bisa tau info lebih awal.

Satu hal yg ingin abang tambahkan adalah Work speed di Qatar sangat lambat. jadi sesuatunya mesti berjalan dg lambat.

tsabita mengatakan...

Assalamu'alaikum Abang,

Saat ini saya sedang menunggu offering letter dari salah satu company di Qatar (2 minggu yg lalu saya memperoleh kepastian lolos interview via Uzma). pertanyaan saya:
1. Kira2 brp lama ya offering letter keluar dari company?
2. Document apa saja yg sebaiknya saya perlu siapkan sambil menunggu offring letter?
3. Ada nggak kemungkinan mereka membatalkan hasil interview tanpa pemberitahuan lebih dulu? Maaf kalo terlalu banyak pertanyaannya

wassalam

adi

Abang-Qatar mengatakan...

@Adi
Selamat ! anda sudah hampir diujung jalan.

1. Suratnya insya allah keluar antara 2-4 minggu ini.
2. Coba buka di sini
http://abang-qatar.blogspot.com/2008/09/persiapan-sebelum-berangkat-ke-qatar.html
3.Semua masih mungkin terjadi. tapi peluang itu sangat kecil. Banyak berdo'a ya.

Sekali lagi Selamat !

tsabita mengatakan...

Assalamu'alaikum Abang,

Terima kasih sebelumnya atas jawaban Abang. Saya mau tanya lagi nih, saya kan belum punya paspor. Dan katanya ada paspor 48 halaman dan 24 halaman. Nah, sebaiknya paspor yang mana yang perlu saya buat?

Wassalam,

Adi

Abang-Qatar mengatakan...

Kalo ente kerjanya 28/28 (pulang ke indo tiap bulan) atau ingin berstatus bachelor married (berkeluarga tapi ga bawa keluarga nantinya), mending bikin yg 48 lembar. Tapi kalo bakal menetap di qatar yg 24 juga cukup.

juswan mengatakan...

Halo Abang,

Blog-nya sangat lengkap dan detail.

Saya sudah melewati tahap offering letter dengan Qatalum dan ada sedikit perbedaan dengan pengalaman Abang.

Saya langsung dikirimi offering letter pada saat saya baru tiba di Jakarta dari Qatar untuk site interview dan medical test. Selain itu, offering letter cuma satu dokumen, offering saja (juga sudah ditandatangani HRD). Menurut HR-nya proses selanjutnya adalah menunggu visa dan medical clearance.

Pertanyaan saya, menurut abang mengapa offering letter dikirim tanpa menunggu hasil medikal? Kira2 berapa lama dibutuhkan untuk hasil medikal keluar? (kliniknya sama dengan Abang)

Thanks sebelumnya atas tanggapannya.

Abang-Qatar mengatakan...

Juswan, selamat ya...
Hasil medical itu menunggu 1 hari. Kita semua sama2 tes di Ras Abu Abood Medical Center. Jadi sangat mungkin datanya dikirim lebih cepat. Mungkin mereka sudah kebelet sama Om Juswan...:)

Teman saya di tempat lain juga hanya dapat offering letter doank.

Sebelum terima offering nya harus anda pastikan dulu jenis kontrak, syarat2, hak2 dan kewajiban2 kerjanya.

Sekali lagi, selamat alias Mabrouk !!

Abang

juswan mengatakan...

Sebenarnya ga kebelet juga sih, soalnya kadang cepat, terkadang juga seperti diabaikan. Saya hanya penasaran saja, apa maksud mereka di balik itu.

Medical clearance-nya sudah keluar, seperti yang Abang ramalkan. Mudah2an visa tidak ada masalah lagi. Tinggal menunggu, tapi entah berapa lama lagi.

Thanks Abang.

Abang-Qatar mengatakan...

@Juwan,
Sabar....karena sabar adalah modal utama teman2 yang kerja di qatar. Kadang2 sampai sabar kita habis dan harus minjam dari teman2 dan tetangga.

Insya allah akan datang...

Faizal Majid mengatakan...

Assalamualaikum bang..saya sudah interview di qatar airways 31 april 2015 dan dapat email lulus pada 11 mei2015..tapi saya belum menerima offer lletter dari mereka sampai sekarang..sudah sebulan lebih..terima kasih

mechanical_blog mengatakan...

Assalamu'alaikum,

Salam kenal bang dari Rizki. Sama halnya dengan perasaan yg dulu pernah abang rasain, harap2 cemas, serasa digantung tanpa kepastian.
Saya bulan lalu interview dengan Gasco qatar dan dinyatakan lulus. Menurut user offering letter akan dikirimkan langsung dari qatar, tapi gak kunjung tiba. Tapi, ngeliat dari pengalaman abang yg proses di qatar bisa dibilang lelet (baru tau), sedikit maklum.

Biasanya offering letter apakah datang bersamaan dengan visa bang? Ataukah bertahap.

Terima kasih

Warm regards,
Rizki Husni